Minggu, 03 Oktober 2010

Pengertian Dinamika Kelompok

A.Pengertian Dinamika Kelompok

Dinamika kelompok berasal dari kata dinamika dan kelompok. Dinamika berati interaksi atau interdependensi antara kelompok satu dengan yang lain, sedangkan Kelompok adalah kumpulan individu yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan bersama.
Maka Dinamika Kelompok merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yang lain dan berlangsung dalam situasi yang dialami.
1.Fungsi Dinamika Kelompok
Dinamika kelompok merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang hidup dalam sebuah kelompok. Fungsi dari dinamika kelompok itu antara lain:
1.Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup. (Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.)
2.Memudahkan segala pekerjaan.

(Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain)
1.Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga seleseai lebih cepat, efektif dan efesian.
(pekerjaan besar dibagi-bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing / sesuai keahlian)
1.Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat
(setiap individu bisa memberikan masukan dan berinteraksi dan memiliki peran yang sama dalam masyarakat)
Salah satu peristiwa yang akhirnya memunculkan arti penting dinamika kelompok adalah hasil penelitian Elton Mayo, dkk Tahun 1920-an dan 1930-an di Hawthorne. Dalam penelitiannya, Elton Mayo menunjukkan bahwa para karyawan cenderung membentuk kelompok informal yang dapat mempengaruhi kepuasan dan keefektifan kerja.Setiap kelompok mempunyai kandungan masing-masing yang berbeda dengan kandungan individu-individu yang membentuk kelompok. Satu kelompok yang terdiri dari dua orang, misalnya bukan berarti hanya terjadi hubungan dua orang itu saja, akan tetapi boleh jadi keduanya membentuk penjumlahan menjadi tigas, karena terdapat interaksi keduanya.
Dinamika Kelompok adalah metode dan proses yang bertujuan meningkatkan nilai kerja sama kelompok yang dilandasi terutama oleh prinsip-prinsip :
1) “gestalt psychology”, yaitu “Keseluruhan lebih besar daripada penjumlahan bagian-bagiannya” (“the whole is greater than the sum of its parts”) dan
2) Nilai kerja sama kelompok bergantung pada interaksi dan perilaku para anggotanya.
Dari prinsip-prinsip tersebut dapat diketahui, adanya :
1. Hubungan yang saling bergantung dan saling menunjang antara seluruh jajaran kelompok, baik antara sesama karyawan atau antara karyawan dan manajernya.
2. Pengambilan keputusan dan penggunaannya, termasuk pengawasan dilakukan oleh semua anggota kelompok.
3. Interaksi dan perilaku yang demikian tadi dimaksudkan agar sasaran atau tujuan kelompok dapat dicapai.




Sumber: http://dwisugiyanto.blogspot.com/2010/03/pengertian-dinamika-kelompok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar